Tuesday 25 July 2017

Forex Trading Institute In Pakistan Iman


Marvel Dice Masters: Homem de ferro e máquina de guerra revela versões da armadura de Iron Mans NUNCA ANTES DE SER VISTO em Dice Masters Pre-Order Today Decore seu castelo, sala do trono ou salas de estar com esta deslumbrante recreação dos Dungeons Dragons Red Dragon - Disponível agora Jogue incrível Jogos, vencer convenção de prêmios exclusivos e apoiar lojas locais de jogos. Eventos começam 4 de fevereiro de 2017 - Inscreva-se para o WKO Winter 2017 Today Os heróis, vilões e monstros dos Forgotten Realms estão retornando com os Ícones DD dos Reinos: Monster Menagerie II - Disponível Agora The Teenage Mutant Ninja Turtles Dice Masters: Heroes in a Half Shell Box Set tem ainda MAIS da ação da tartaruga youll love Pre-Order Today Pre-order Assault of the Giants today para comandar um dos seis tipos de gigantes e reivindicar o direito de Dominar todos os gigantes WizKids traz mais diversão de dados para a mesa com o novo lançamento, Dice Stars - Available Now Cast feitiços e competir contra outros feiticeiros em uma corrida épica para o Rock Rock Er Wizard é um jogo de festa emocionante para 3-6 jogadores - Disponível agora Burkes Gambit disponível agora Prepare-se para uma vantagem do seu assento Thriller Set no espaço Clique nesta bandeira para saber mais Blank White Dice, projetado por Jonathan Leistiko, é um novo palpitante Participe de seus jogos de dados disponíveis, agora, marque suas camisas, hoodies, mercadorias e mais. Colecione seus heróis, construa suas equipes e vença seus inimigos nos vários reinos do mundo HeroClix. No HeroClix você pode ser o herói que você sonhou ou o vilão de seus pesadelos. Com milhares de personagens para escolher e mapas de terreno de todo o universo, quem sabe onde o HeroClix irá levá-lo. Attack Wing é um jogo de miniaturas de combate tático rápido, com figuras colecionáveis ​​baseadas no Star Trek Universe e nos Dungeons Dragons Forgotten Realms. Utilizando o sistema de manobra FlightPath, comandar o seu exército no combate épico personalizar seu exército com equipamentos, armas, habilidades especiais e mais Dice Masters é uma oferta de marca cruzada atrativa que utiliza a plataforma de jogo Dice Building de WizKids, onde os jogadores coletam e montam sua equipe de Dados de personagens e batalha no jogo de cabeça-a-cabeça. Tal como acontece com Quarriors, o jogo que deu início aos Dice Building Games, Michael Elliott e Eric M. Lang estão liderando o trabalho de design para o que certamente será na lista de observação da maioria das pessoas. Lance o AnywhereDear reader, os anúncios on-line nos permitem entregar o jornalismo que você valoriza. Por favor, suporte-nos, levando um momento para desligar o Adblock no Dawn. Caro leitor, os anúncios on-line nos permitem entregar o jornalismo que você valoriza. Por favor, suporte-nos, levando um momento para desligar o Adblock no Dawn. Caro leitor, atualize para a versão mais recente do IE para ter uma melhor experiência de leitura Início Últimas Populares Paquistão Papéis de hoje Opinião Mundo Esportivo Negócios Revistas Cultura Blogs Tech Arquivo de multimídia em profundidade Tahir Mehdi mdash Atualizado 30 de dezembro de 2013 01:41 pm Os Estados Unidos são Em guerra novamente e em seu campo de batalha favorito, no Oriente Médio. Isso apesar do fato de que eles estão enfrentando muitos problemas para retirar-se do Afeganistão de uma maneira respeitável depois de travar uma longa guerra desencadeada em 2001. Sua atuação no Iraque, onde eles iniciaram outra guerra em 2003, não tem sido algo que eles Poderia estar orgulhoso de qualquer um. Então, por que, então, é um país que enfrenta graves crises econômicas no inferno, inclinado a convidar mais problemas no exterior. Existem muitas explicações que circulam no mainstream e nas mídias sociais. Eu tentei resumir estes para você e destaque os que eu acho mais plausíveis. O caso humanitário: os EUA querem libertar o povo sírio de um regime tirânico. Por favor, não ria. Existe uma classe inteira de intervencionistas liberais que pensam dessa maneira e têm direito a seus pontos de vista. Eles acreditam que os EUA e seus aliados europeus também ofereceram serviços inestimáveis ​​para a humanidade. Mas, acho que os escritores de roteiros para as potências ocidentais sofreram recentemente bloqueio de escritores e ninguém quer assistir o mesmo sabão antigo. As indicações importantes são: um, o parlamento do Reino Unido votou o apoio de seus países à nova guerra. Dois, o presidente Obama também entende que o ato é altamente impopular e, portanto, está visando legitimá-lo buscando aprovação prévia do Congresso. Os protestos contra o governo sírio começaram em 2011 e foram inicialmente vistos como uma extensão lógica do que foi chamado, a Primavera árabe que resultou em mudanças de regime em muitos países. Mas, ao contrário de outros lugares, permaneceu na Síria e se converteu em uma guerra civil prolongada e sangrenta. Trabalhadores humanitários e organizações de direitos humanos de todo o mundo têm relatado periodicamente violações de direitos humanos cometidas por todas as partes no conflito. O capítulo da Síria do Human Rights Watch Report 2013 cita fontes de oposição alegando que cerca de 35 mil civis foram mortos no conflito no final de 2011 a novembro de 2012. A maioria das organizações de mídia agora cita 100 mil como o total do conflito. E se você tem o coração, você pode ler o relatório da CNN sobre um vídeo horrível que mostra um rebelde sírio que come o coração de um soldado do governo. Eles dizem que tudo é justo na guerra. A Convenção de Genebra, no entanto, discorda e estabeleceu algumas linhas vermelhas. Um deles é o uso de armas químicas e os EUA acreditam que a Síria acabou de atravessar essa linha. Há provas conclusivas de que as armas químicas foram usadas recentemente na Síria matando centenas de civis. Esta declaração da organização humanitária médica internacional, Mdecins Sans Frontires (MSF) foi o primeiro relatório de matança em massa por armas químicas perto de Damasco, em 21 de agosto. Mas não há nada que possa sustentar que as armas químicas foram usadas pelas forças governamentais. Na verdade, há relatos que apontam para o outro lado, acusando os rebeldes de usar isso, o mais ruim das armas. Leia este relatório da BBC que citou um membro líder da Comissão de Inquérito da ONU informando a TV suíça em maio de 2013, que é muito antes do uso recente do assassino, fiquei um pouco estupefato com as primeiras indicações que obtivemos. Eles eram sobre o uso de gás nervoso pela oposição. E se você está interessado em uma teoria de conspiração de pleno direito sobre como o incidente de armas químicas foi configurado, você vai adorar isso. O Parlamento do Reino Unido votou a questão de apoiar ou não o ataque dos EUA contra a Síria, enquanto o time das Nações Unidas obrigou a verificar fatos sobre se o incidente de armas químicas ainda estava na Síria. Os deputados decidiram, em vez disso, confiar nas evidências do YouTube e nas interpretações de especialistas sobre o que poderia ser visto nesses vídeos. Os funcionários dos Estados Unidos, de fato, designaram o governo sírio como culpado mesmo antes da chegada da equipe da ONU à Síria. Os EUA estão com pressa e forçando seu caminho. Mesmo que o governo sírio usasse o gás assassino contra seus civis, será que os EUA deveriam liderar o ato punitivo. Muitos argumentam que os EUA não têm posição moral para liderar essa cruzada. Ele tem sido cúmplice em muitos desses incidentes no passado recente e o assassinato de algumas centenas de civis nessa região nem sempre invocou respostas similares. The International Crisis Group em sua declaração sobre a Síria. Em 1 de setembro de 2013, questiona esses fundamentos e argumenta que a ação militar proposta não resolverá nada. Os sauditas querem ver o fim do regime alianita xiita na Síria. A Síria é governada pela família Assad desde a década de 1970, eles pertencem a uma seita islâmica xiita conhecida como Alauítas. O próprio país foi esculpido no Império Otomano, como a maioria dos outros no Oriente Médio e Norte da África, quando caiu às forças européias na Primeira Guerra Mundial. As novas fronteiras nacionais delineadas pelos poderes mundiais atravessam fronteiras sectárias e tribais e Isso complicou as lutas de poder nos países em grande medida. Aqui está um mapa da região que mostra áreas habitadas por várias seitas do Islã. O presidente de Syrias, Hafez al-Asad (sentado no lado direito) assinou a Federação das Repúblicas Árabes em Benghazi, Líbia, em 18 de abril de 1971, com o presidente Anwar al-Sadat (sentado à esquerda) do Egito e o coronel Muammar al-Kadafi da Líbia ( Sentado no centro). O acordo nunca se materializou em uma união federal entre os três estados árabes. - Origem: O Museu da História da Síria na Síria Fareed Zakaria, o renomado jornalista americano que está associado à revista Time, Washington Post e CNN, acha que a região está no meio de um processo de reajuste de poder. Ele nos diz que, no arranjo pós-colonial de três estados do Oriente Médio, Iraque, Síria e Líbano, acabou sendo governado pelas comunidades minoritárias desses países, ou seja, por sunitas, xiitas e cristãs, respectivamente, e que as comunidades da maioria eram Obrigado a retaliar. Ele acredita que um reequilíbrio de poder já ocorreu no Iraque, cortesia dos EUA e do Líbano e agora é Syrias virar. Vídeo. Escutá-lo aqui: neste vídeo gravado em junho de 2013, Fareed recomendou aos EUA que não se envolvessem com assuntos sírios. Ele ressalta que o desalojamento dos governantes minoritários é geralmente seguido pela maioria exigente vingança sobre eles, e na terceira fase, a luta intestina entra em erupção entre os vários grupos das comunidades majoritárias. Ele estima que a guerra civil na Síria é obrigada a continuar por anos, senão décadas, antes que o país encontre um novo equilíbrio e os EUA não devem pagar qualquer envolvimento em uma atividade tributária e possivelmente inútil. Mas o parecer sensato parece ter caído em surdos. Por que os EUA estarão interessados ​​em desalojar um governante minoritário. Pode ser que realmente odeia os xiitas. Mas no vizinho Iraque, que os EUA atacaram e literalmente ocupados para remover um governante, começou a odiar, acabou tendo um governo da maioria da comunidade xiita e não se sentiu ameaçado por isso. Nem este governo xi se uniu com o seu vizinho, o Irã vizinho, que é visto pelo Ocidente como uma séria ameaça à segurança. Se os EUA não tiverem um machado para se processar contra os xiitas, talvez ele queira agradar seu aliado mais confiável na região - os sauditas wahabitas - cujo rancor contra os xiitas não é um segredo. A maioria dos sunitas da Síria não é, porém, Wahabi e o país compartilha seus limites do norte com a Turquia, o que também se opõe às forças do governo. Então, se e quando Assad cai, tanto a Arábia Saudita como a Turquia podem disputar a influência na Síria pós-Alawite. Nesta quinta-feira, 26 de outubro de 2011, o presidente sírio, Bashar Assad, fica ao lado do ministro da Defesa da Síria, o general Dawoud Rajha, e o chefe de gabinete, Fahed al-Jasem el-Freij, partiu, durante uma cerimônia Para marcar o 38º aniversário da guerra árabe-israelita de outubro de 1973, em Damasco, na Síria. - AP File Photo Não há dúvida de que os sauditas serão bem-vindos e se alegrarão com o fim da regra alauita, mas não podem esperar uma recompensa lucrativa no final desta guerra. A Arábia Saudita não pode esperar um subserviente, o estado do cliente assumindo a Síria. Eles podem ganhar pouco se forem considerados estritamente em termos sectários ou, em outras palavras, seus possíveis ganhos serão principalmente psicológicos que podem não se traduzir em benefícios concretos. A interpretação sectária da situação, portanto, não explica por que os EUA cometeram um ato de guerra altamente impopular apenas para ajudar sua aliada com ganhos tão frágeis. Israel, os EUA querem destruir o nexo Iran-Syria-Hizoballah. Alawite, a Síria, tem boas relações fraternas com o Irã chiíta no Oriente (em todo o Iraque) e Shia Hezbollah, que domina partes do Líbano, no seu oeste. O Hezbollah anti-Israel, uma organização militante e política declarada terrorista pela maioria das potências mundiais, é apoiado e fornecido pelo Irã. É a principal incursão islâmica de irans na política regional. Ele corre em um arco de influência xiita que se estende de perto de Quetta até as margens libanesas do Mar Mediterrâneo. Se o governo de Assad cair, será interrompido e Israel, os EUA e a Arábia Saudita, supostamente, se beneficiarão. O enfraquecimento do Hezbollah reduzirá o tamanho da ameaça de segurança que representa para Israel. O Irã perderá seu único aliado estratégico fora de seus limites e, na região, estará completamente isolado e substancialmente enfraqueceu. Já está cambaleando sob as sanções incapacitantes impostas pelas potências ocidentais. Tudo isso é susceptível de atrasar e degradar os esforços de Irans para se tornar nuclear. Os EUA levariam um suspiro de alívio e a Arábia Saudita comemoraria o desaparecimento de seu principal concorrente pelo poder na região. É por isso que Robert Fisk acha que o Irã, não a Síria, é o alvo real de Wests. O presidente sírio, Hafez al-Asad (centro), com o vice-presidente iraquiano Saddam Hussein (à esquerda), o ministro das Relações Exteriores da Argélia, Abd al-Aziz Bouteflika (à direita), e o vice-presidente sírio Abd al-Halim Khaddam (distante, meio coberto) Cimeira da Liga Árabe de Bagdá. - Source: O Museu Online da História da Síria Mas, uma mudança de regime na Síria assegurará que as linhas de abastecimento do Hezbollah sejam cortadas. O Iraque cai entre a Síria e o Irã e, apesar de ser um aliado dos EUA, não foi capaz nem disposto a verificar vôos iranianos supostamente fornecidos Armas iranianas para a Síria. John Kerry repreendeu o governo de Nuri al-Malikis sobre vôos iranianos quando visitou o Iraque em março deste ano. Leia Aljazeeras relatório sobre isso. Seja ou não quebrar o arco xi, a maioria dos críticos concorda que o fim da regra alauita será seguido de anos de caos e caos. São então os potenciais ganhos estratégicos que valem o risco. Alguns insistem em que Israel e, por extensão, os EUA querem controlar o caos do outro lado de sua cerca concreta. Mas, então, não há dúvida de que esse caos irá criar mais violência e extremismo. Além disso, Israel tem sobrevivido ao lado dos alauitas desde 1970 e, de fato, o período atual é a única vez em sua história quando sentiu-se menos ameaçado por seu vizinho quase latente. Israel sempre se isolou com sucesso e se fortaleceu de seus vizinhos. Por que Israel quereria revoltar o carrinho na Síria, especialmente quando seus resultados são imprevisíveis, eu não estou negando que o realinhamento do poder na região que será seguido pela queda do regime de Assad não terá ganhadores e perdedores, mas Não vejo mudanças significativas e certamente não as que podem justificar uma grande e arriscada empresa militar. A minha pergunta permanece assim, o que está a impulsionar o assalto dos EUA à Síria. O caso da indústria da guerra: a indústria de guerra dos EUA quer expulsar o seu concorrente, a Rússia, do lucrativo mercado do Oriente Médio. As guerras são serviços fornecidos, armas e munições por uma indústria que pisa em um equilíbrio demanda-suprimento, como fazem todas as outras indústrias. O mundo gastou 1,756 bilhões em seus militares em 2011, de acordo com o Instituto Internacional de Pesquisa de Paz de Estocolmo (SIPRI), que é um cão de guarda mundial de renome militar e armamento, trabalhando desde 1968. O tamanho da indústria de guerra em cada país é geralmente Proporcional às suas despesas em seus militares. Os EUA superam a lista. Do mundo, as 100 maiores empresas de produção de armas e serviços militares para 2011 (a lista SIPRI top 100), 44 foram baseadas nos EUA. O principal cliente dessas empresas são suas próprias forças armadas. Leia sobre as 10 principais empresas de armas de 2011 aqui. Essas empresas também comercializam seus produtos internacionalmente, seguindo as políticas dos governos de seus países de origem. SIPRI informa, em seu 2013, que o comércio global de armas valia pelo menos 43 bilhões em 2011 e mais de metade disso foi feito por apenas dois países, os EUA e a Rússia. A participação das empresas dos EUA foi de 30 por cento, enquanto a Rússia ocupou a segunda posição com uma participação de 26 por cento. No entanto, a perspectiva futura para esta indústria não é bastante corajosa. O SIPRI notou uma diminuição nas despesas militares mundiais no ano passado. Os EUA em particular, a Europa e o resto do mundo em geral, enfrentaram uma grande crise financeira em 2008, que os críticos comparam com a Grande Depressão dos anos 1930, seguida pela Segunda Guerra Mundial. A crise reduziu substancialmente o espaço fiscal para os governos, obrigando-os a cortar gastos e a medidas de austeridade. As escolhas dos governos na redução de despesas são limitadas por suas políticas - cortes no bem-estar social não são populares entre seus eleitores, enquanto eles não se importam com as reduções nas despesas militares. As despesas militares globais totais, portanto, caíram em 2012, em termos reais em relação a 2011, e esta é a primeira queda desde 1998. Mais importante ainda é a separação regional. O maior orçamento militar do mundo, o dos EUA, que totalizou mais de 700 bilhões ou 40% do total mundial, registrou uma queda substancial de 5,5% e a Europa Central e Ocidental diminuiu 1,6%. O SIPRI observa que, em outras regiões que registraram crescimento como o sul da Ásia, houve uma grande desaceleração na taxa de crescimento. As únicas exceções são o Oriente Médio e a África do Norte, que registraram um crescimento muito impressionante de 8,3 e 7,8 por cento, respectivamente. As duas regiões coletivamente gastaram 154,4 bilhões em seus militares em 2012. A Arábia Saudita e os Emirados Árabes Unidos estão entre os 10 maiores importadores de armas do mundo para o período de cinco anos 2008-12. O negócio das grandes empresas de armamento é limitado em casa e suas perspectivas de futuro são sombrias. Os governos deles também estão preocupados porque esta indústria emprega milhões de pessoas. Empresas individuais estão tomando medidas para isolar-se contra as medidas de austeridade através da especialização militar, redução de pessoal, diversificação e exportações e outras formas de internacionalização. Em alguns casos, as subsidiárias da empresa mantiveram ou aumentaram as vendas de armas e serviços militares fora dos países em que as matrizes estão sediadas, diz SIPRI. O promissor mercado do Oriente Médio é o proverbial raio de esperança para a indústria da guerra ocidental. Eles têm o dinheiro, a vontade de gastar e não são limitados sobre como gastá-lo. Há, no entanto, um problema ou um irritante, se você gosta de chamá-lo - a Rússia. O antigo inimigo dos EUA está lá para estragar toda a diversão. O Iraque, a Síria e a Líbia estavam entre os países que se aliaram com os soviéticos na Guerra Fria. Os regimes nesses países foram apoiados e fornecidos pelos soviéticos, a responsabilidade foi posteriormente herdada pela Rússia. Suas boas relações continuaram após o fim da Guerra Fria na década de 1990. O Irã também se juntou a este clube após a revolução islâmica de 1979. Os estados do Golfo, no entanto, apoiaram de todo o coração os EUA na Guerra Fria e suas amizades floresceram nos últimos anos. A Rússia exportou alimentos, remédios e armas para a Líbia, Síria, Iraque e Irã. O país tem um grande complexo militar que inclui uma indústria de guerra maciça, empregando cerca de dois milhões de pessoas. Rejuvenesceu suas ambições militares recentemente. O Programa de Armamentos do Estado de 201120 prevê reformas abrangentes de suas forças armadas. De acordo com o SIPRI, a tendência crescente nas despesas militares Russias, que começou em 1999, acelerou acentuadamente em 2012, com um aumento de 16% em termos reais. Em fevereiro de 2012, o governo russo anunciou planos para gastar cerca de 100 bilhões até 2020 para modernizar seu complexo militar-industrial. Após a extinção da União Soviética, a indústria de guerra russa é deixada com alguns clientes no mundo exterior que pesa negativamente contra ela, não só em termos de negócios, mas também em termos de sua influência militar encolhida. De acordo com um relatório do New York Times. A venda de armas russa ao Irã caiu de 2,1 bilhões para 300 milhões no período 2003-06 devido a sanções impostas pela ONU, mas a perda foi compensada por mais vendas para a Síria, cujas ordens aumentaram de 2,1 bilhões em 2003-06 para 4,7 bilhões em 2007 - 10. A Rússia perdeu recentemente outro generoso cliente - Líbia - quando o governo de Muammar al-Gaddafi caiu. O principal porta-voz da Rosoboronexport, a empresa estatal de comércio de armas da Rússia, Vyacheslav N. Davidenko, divulgou em uma entrevista em 2012 que o novo governo na Líbia suspendeu cerca de 4 bilhões em contratos previamente acordados. A expulsão do regime de Assad assim destruirá outro dos principais clientes da guerra russa. Será eliminado do mercado de armas mais lucrativo do mundo - Oriente Médio. Isso prejudicará sua posição estratégica na região e sua reputação no bazar mundial de armas. A perda de uma empresa é maior e quando os tempos são difíceis, você não pode deixar isso ao acaso. Uma foto divulgada pelas oposições sírias A Shaam News Network, em 15 de julho de 2012, mostra os enlutados sírios enterrando um corpo de um homem em Baba Amr, na cidade de Homs. - Foto pela AFP A Síria tem uma população estimada de 23 milhões de pessoas, um pouco menor do que a de Khyber Pakhtunkhwa e com cem mil já mortos, o conflito tornou-se desabrigado em mais de dois milhões, quase toda família. O fim da violência é de anos, ou décadas, longe. Levará ainda mais tempo para que as fissuras sectárias e tribais sejam resolvidas, o que ostensivamente significa que uma geração é desperdiçada. Então, quem ganha esta guerra - as corporações de armas dos EUA ou o complexo militar russo, os Wahabis sauditas ou os xiitas Irani, os estrategistas israelenses ou os militantes islâmicos - o povo sírio já perdeu. Então, a vitória importa em tudo Comentários (104) Fechado AbbasToronto 03/09 2013 06:27 pm Um ponto decisivo na política do oeste asiático atingiu. O pacto US-Pak de 65 anos ultrapassou sua utilidade. Israel tornou-se uma responsabilidade para os EUA. A China é a nova potência no Leste Asiático A Estrela da Índia está começando a definir a Rússia está se tornando mais fraca e perdendo população pelo dia 80 anos de idade O apoio dos EUA aos Sauditas de Wahabbi foi contrabalançado com 911 xiitas em 90 de petróleo no Oriente Médio e 95 de sua queda da água de Assad significa a aquisição da Jihadista, aproximando os EUA e o Irã O novo presidente do Irã quer uma aproximação com o Ocidente O próximo ano, neste momento, o ME Map será diferente. Shujaat Abbas 03 de setembro de 2013 06:53 pm Bom artigo, forneceu uma visão profunda dos conflitos regionais. A Síria já perdeu sua guerra de Desenvolvimento Econômico e Prosperidade. A única solução é deixar a região do Médio Oriente resolvê-la sem agressão. Sonal 03 de setembro de 2013 21:13 Grande análise E bastante divertido em partes. Você esqueceu a hipótese de que talvez os EUA desejem garantir que ele previne novos ataques terroristas em solo americano e faça do mundo um lugar mais seguro para os americanos. Além disso, a Al Qaeda parece estar movendo suas raízes da AfPak para a Síria e o Iêmen. Alguém precisa enviar a mensagem de que você não pode matar pessoas inocentes assim e não ser punido por isso. Eu não acho que os ataques aéreos são a resposta para a prova de armas químicas, como mais pessoas serão mortas presumivelmente, mas que outro país está melhor colocado para enviar essa mensagem, eu não consigo pensar em nenhuma. Você pode Salman 03 de setembro de 2013 09:39 pm Um artigo muito informativo para alguém que não é residente nativo da Síria ou de qualquer outro participante envolvido na região. Espero ver um mundo islâmico sectário e gratuito um dia. Rizwan 03 de setembro de 2013 21:52 pm NÃO É US - é Saudia que quer eliminar todos os regimes de apoio iranianos na região. O príncipe Bandar bin Sultan (chamado Bandar Bush por George Bush senior) diz que a ação iminente dos EUA está de acordo com os desejos do povo da Síria, isto é, o que os sírios desejam. O príncipe Bandar Bush se lembra de um ano atrás enviou forças sauditas para reprimir a rebelião (pela população da maioria shia) contra o ditador monarca sunita no Bahrein Início O Príncipe Bandar não queria respeitar os desejos do povo Bharaini A frota dos EUA Estava ancorado lá e poderia ter ajudado facilmente o povo do Bahrein. UnitedweStand 03 de setembro de 2013 10:23 pm Os muçulmanos em geral rejeitam a retórica ocidental e seus esforços de pisar os sunitas contra os xiitas, exceto o cadáver ocidental sempre tão fiel, arabia saudita que ainda defende veementemente sua posição de Mestre sobre isso. O nexo do Irã, da Síria e do Líbano falou neste artigo se analisado de perto, embora predominantemente os xiitas estão tentando ser uma voz na região para a liberdade dos palestinos que são predominantemente não Shias, rejeita ainda a noção se a divisão realmente existe e existe para Na medida em que o Ocidente está tentando fazer crer. Paul 3 de setembro de 2013 10:52 pm Eu sou um americano e eu oponho o envolvimento do meu país na guerra civil de Syrias. Sim, as vítimas civis são dolorosas e o uso de armas químicas chocante. Mas esta seria a enésima vez que a América está atacando um país muçulmano. Sou cristão e muçulmano são meus irmãos e irmãs. Não é meu inimigo. Arábia Saudita, Irã, Iraque, Paquistão e outros da região geral devem resolver as disputas dos países da região. Eles podem fazê-lo - inshAllah. Anthony Sep 03, 2013 11:06 pm Análise muito detalhada e imparcial. Eu acho que os oportunistas como os EUA e a Rússia estão fazendo seu trabalho, embora eles não tenham nenhum negócio aqui. A Rússia ignora o envenenamento de pessoas e os EUA vão matar mais alguns para restaurá-lo. Israel é justamente preocupado com a questão da sua sobrevivência de organizações terroristas como Hezbolla. A guerra real é entre a Arábia Saudita e o Irã. Um país notável do Wahabi é famoso por sua má influência nos países vizinhos e outro é um país xi e meio-morto na Terra, esperando seu desaparecimento. Alguns espectadores sem vergonha são outros países islâmicos na Terra. Esses países entraram em erupção quando alguns muçulmanos foram mortos em Myanmar ou na Palestina sem julgar o caso corretamente. Por que eles estão em silêncio agora. São aqueles que morreram na Síria e não muçulmanos. Não conseguem ver uma reunião pacífica. Uma boa opção é. Permita que a Rússia ajude o regime de Asad e os EUA a permanecer em silêncio para ajudar o regime de Syrias Shia a prosperar, o que levará ao conflito xi-sunita no Oriente Médio. Finalmente leva à paz mundial. Ahmedj 03 de setembro de 2013 11:18 pm A resposta reside na famosa citação Axis of Evil e no artigo Blood Borders por uma atual CIA e ex coronel do Exército dos EUA. A narrativa começa com o Iraque e termina com o Paquistão. Faroukh Bhandara 04 de setembro de 2013 02:05 pm Quando eu era jovem, tentei me juntar a uma gangue de jovens adolescentes que se achavam difíceis. Eles tentariam pegar lutas todas as sextas-feiras após as orações, pois acreditavam que isso era necessário para manter-se lutas prontas. Eles não me escolheram porque não confiaram em mim, que eu gritaria desde que alguns da minha família estavam na polícia. Os EUA não são diferentes. Ele gasta uma grande quantidade em suas forças de combate e, como os membros das gangues juvenis, eles sentem que precisam inventar guerras para continuar lutando. Existem outras maneiras de se livrar de Assad, mas isso teria muito sentido. Faroukh Bhandara 04 de setembro de 2013 02:09 pm Foi cúmplice em muitos desses incidentes no passado recente e o assassinato de algumas centenas de civis nesta região nem sempre invocou respostas similares. Quais foram os últimos no passado Tahir Mehdi, a última vez que os EUA usaram produtos químicos no Vietnã. Anna Tahir 04 de setembro de 2013 às 14:35 Esta é uma conspiração pura se os EUA forem tão puros em ajudar nações Por que eles não ajudam as pessoas do Bahrein, onde o governo está constantemente matando. O povo da Arábia Saudita também precisa de ajuda, pois uma única família está sugando todas as suas riquezas. No Egito, um ditador jogou um governo democrático eleito. O americano usa óculos especiais que não podem ver essas atrocidades. Onde estão as armas da destruição maciça que estavam descobrindo no Iraque, eles haviam liberado o Iraque e o Afeganistão através do bombardeio do tapete. O mundo não é tolo, todos sabiam sua agenda Mian Mutti 04 de setembro de 2013 04:03 pm Por que 100 k (principalmente humanos civis) não tem valor a ser destacado e protestar mesmo neste artigo Por que eles estão sendo mortos brutalmente e quando os EUA estão Atingir agora, todos têm simpatia com o governo dos xiitas sírios. Até a hipocrisia existir, acontecerá que acontecerá com o governo sírio. Por que Rebels vai matar seus homólogos em ataques de armas químicas, será provado que estes eram de governo sírio. MAIS PAQUISTÃO 04 de setembro de 2013 04:47 pm Sonal: Saúdo sua sabedoria. A primeira alciada estava no Afeganistão, do que o Iraque, a Líbia. Tentou muito no Paquistão, mas falhou do que se mudou para a Síria e o Iêmen. De acordo com sua análise, ele se moverá ao lado do Irã. Não é isso. (Quando há vontade, há um caminho) oOOPs Não (Quando você é inimigo, há alciada) e o Rapista Al-Qaida na Índia. Edwardian 04 de setembro de 2013 05:30 p. Você pode enganar todas as pessoas o tempo todo, e algumas pessoas o tempo todo, mas você não pode enganar todas as pessoas todo o tempo Abraham Lincoln. George W Bush jr, levou o mundo à guerra contra falsas bases de armas de destruções de massa. Ele enganou a todos. Obama, vencedor do Prêmio Nobel da Paz, tem que pensar com seu cérebro e comparar sua próxima ação enquanto pensa em seus ex-presidentes. Soldier of God 04 de setembro de 2013 20:27 O governo egípcio matou centenas de manifestantes desarmados em um único dia. Ninguém pediu a intervenção estrangeira. Embora fosse simplesmente direto que o governo egípcio fizesse isso. Enquanto no caso da Síria, ainda não foi provado que o governo sírio realizasse ataques de armas químicas contra rebeldes fortemente armados. Então, o uso da arma química ataca o único requisito para atacar um país. Tendo em mente que ainda não foi provado. Os americanos e seus aliados simplesmente não precisam de nenhuma lógica para atacar ou manipular governos em todo o mundo. Mas acredite em mim, será seu último erro no Oriente Médio atacar a Síria, já que a Síria tem o apoio do Irã e do Hezbollah, que provou sua eficácia na batalha de recuperar o controle da cidade fronteiriça de Al-Qusyr dos rebeldes. Em caso de ataque americano à Síria, desejo que os soldados americanos venham batalhar a batalha e enfrentar a música da música e uma derrota humilhante pela primeira vez no Oriente Médio. BEA 04 de setembro de 2013 08:50 pm TALAS: onde você leu esse lixo de você deve estar lendo muitos jornais americanos. Os EUA estão à procura de uma luta e, se forem para a Síria, se arrependerão, já que a Rússia e o Irã aceitarão isso como um insulto. Os EUA entraram no Iraque dizendo que tinham armas de destruição em massa quando não e contra os conselhos das Nações Unidas agora querem fazer O mesmo na Síria, pelo menos, o Reino Unido não irá enquanto votaram contra ele. Eu simplesmente não entendo o que é errado com os EUA que morreram e os fizeram Deus. Asif AK 05 de setembro de 2013 01:20 pm Informativo de fato. Apenas comida para pensar que os EUA poderiam estar fazendo isso para manter estrategicamente o seu exército dentro da região asiática. Como enfrentando pesadas taxas em sua decisão que é ataque de drone, o exército dos EUA ainda no Afeganistão, etc. E também, dessa forma, eles terão mais propagação de seu exército na Ásia e podem facilmente atacar ou defender da China e da Rússia em caso de guerra. Saeed Lakho 05 de setembro de 2013 às 16:16. Isso reflete uma imagem muito boa, de verdade, de um problema real com a Nação síria como um todo. Mida 05 de setembro de 2013 04:31 pm Isadora: Israel é um dos piores violadores dos direitos humanos deste e do século passado. Se os EUA forem um dos defensores dos direitos humanos, a primeira intervenção militar deve estar em Israel. O dia em que os EUA prosseguem com a ação militar em Israel, esse é o dia em que os seres humanos racionais podem pensar que os EUA realmente podem ter o bem dos oprimidos no coração. Até então. Mohsin 05 de setembro de 2013 05:48 pm Mustafa: O artigo é tendencioso do ponto de vista de uma determinada seita, com apenas fatos distorcidos e incompletos. Que bugger. Mida: Israel é o país mais civilizado do Oriente Médio. Tire suas persianas e veja todos os ditadores que você chama de seus irmãos. Você não tem conhecimento sobre Israel, exceto o que foi lavado com uma lavagem cerebral em você. Dalam bahasa Indonésia telah selalu dipakai kata moderno, modernisasi, dan modernismo, seperti yang terdapat umpamanya dalam 8220Aliran-aliran dalam Islam8221 dan 8220Islam dan Modernisasi8221. Kemajuan lmu pengetahuan dan teknologi modern memasuki dumnia Islam terutama sesudah pembukaan abad ke -19 M yang dalam sejarah Islam dipandang sebagai permulaan periode Modern. Maju Mundurnya Umat Islam dalam Sejarah Sebagaimana telah disebut pembaharuan dalam Islam timbul dalam periode sejarah Islam yang disebut modern dan mempunjyai tujuan untuk membuat umat Islam kepada kemajuan. Dalam faris besarnya sejarah Islam dapat dibagi ke dalam tiga periode besar Klasik, Pertengahan, dan Modern. Periode klasik (650 - 1250 M) merupakan zaman kemajuan dan dibagi menjadi 2 fase. Pertama, fase ekspansi, integrasi, dan puncak kemajuan (650 - 1250 M). Di zaman inilah daerah Islam meluas melalui Afrika Utara sampai ke Spanyol di barat dan melalui Persia sampai ke India Timur. Di masa ini pula berkembang dan memuncak ilmu pengetahua, baik dalam bidang agama maupun bidang non agama, dan kebudayaan Islam. Zaman inilah yang menghasilkan ulama8217-ulama8217 besar seperti Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Syafi8217I, dan Imam Ibnu Hambal, dalam bidang hokum, Imam Al-Asy8217ari, Imam Al-Maturidi, pemu. ka-pemuka Mu8217tazilah seperti, Wasil bin 8216Ata, Abu al-Huzaib, Abu an-Nazam, dan al - Juba8217I dalam bidang teologi, Zunnun al-Misri, Abu Yazid al-Bustami, dan al-Hallaj, dalam mitisisme atau tasawuf, al-Kindi, al-Farabi, Ibnu Sina, dan Ibnu Maskawaih dalam filsafat, dan Ibn al-Haisam, Ibn Hayyan, Al-Khawarizmi, Al-Ma8217udi, dab Ar 8211 Razi dalam bidang ilmu pengetahuan. Kedua, fase disintregasi (1000-1250 M), di masa ini keutuhan umat Islam dalam bidang politik mulai pecah, kekuasaan khalifah menurun dan akhirnya Baghdad dapat dirampas dan dihancurkan oleh Hulagu di tahun 1258 M. Khalifah sebagai lambang kesatuan politik umat Islam hilang. Periode pertengahan (1250-1800 M) juga dibagi dalam 2 fase. Pertama, fase kemunduran (1250-1500 M). Di zaman ini didentralisasi dan disintegrasi bertambah meningkat. Perbedaan di antara Sunni dan Syi8217ah dan demikian juga antara Arab dan Persia bertambah nyata kelihatan. Dunia Islam terbagi dua, bagian Arab yang terdiri atas Arabia, Irak, Suriah, Palestina, Mesir, dan Afrika Utara dan bagian Persia yang terdiri atas Balkan, Asia Kecil, Persia, dan Asi Tengah dengan Iran sebagai pusat. Kedua, fase 3 kerajaan besar (15000-1800 M) yang dimulai dengan zaman kemajuan (1500-1700 M) dan zaman kemunduran (1700-1800 M). Tiga kerajaan besar yang dimaksud ialah Kekuasaan Ustmani (Ottoman Empire) di Turki, Kerajan Safawi di Persia, dan Kerajaan Mughal di India. Di zaman kemunduran, kerajaan Ustmani terpukul di Eropa, Kerajaan Safawi dihancurkan oleh serangan suku bangsa Afghan, Kerajaan Mughal diperkecil oleh pikiran-pikiran raja-raja India. Kekuatan militer dan kekuatan politik umat Islam menurun. Akhirnya Napoleion di tahun 1798 M menduduki Mesir sebagai salah satu pusat Islam yang terpenting. Periode Modern (1800 M - sekarang), merupakan zaman kebangkitan umat Islam. Jatuhnya Mesir ke tangan barat menginsafkan dunia Islam akan kelemahannya dan menyadarkan umat Islam bahwa di barat telah timbul peradaban baru yang lebih tinggi dan merupakan ancaman bagi Islam. Raja - raja dan pemuka - pemuka Islam mulai memikirkan bagaimana meningkatkan mutu dan kekuatan umat Islam kembali. Di periode modern ini lalu timbulnya ide - ide pembaharuan dalam Islam. 1 ILMU KALAM MASA KINI HARUN NASUTION, RASYIDI, HASAN HANAFI, dan ISMAIL FARUQI 1. Riwayat Hidup Harun Nasution Harun Nasution lahir di Pematang Siantar, Sumatra Utara, 23 September 1919. Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat dasar Hollandsch 8211 In 8211 Landsche School (HIS), ia melanjutkan studi Islam ke tingkat menengah yangbersemangat modernis, Moderne Islamietische Kweekschool (MIK). Karena desakan orang tua ia meninggalkan MIK dan pergi belajar ke Saudi Arabia. Di negeri gurun pasir ini tidak tahan lama dan memilih orang tuanya agar bisa pindah studi ke Mesir. Di negeri Sungai Nil ini Harun mula-mula mendlama Islam di Fakultas Ushuludin, Universitas Al 8211Azhar, namun ia merasa tidak puas dan kemudian pindah ke Universitar Amerika (Kairo). Di universitas ini, Harun tidak mendalami Islam, tetapi ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu social. Selama beberapa tahun sempat bekerja di perusahaan Saraski dan kemudian di Konsulat Indonesia karena setamat dari Universitas tersebut dengan ijazah B. A. di kantongnya. Dari Konsulat itulah, putra Batak yang mempersuntng seorang Putri dari Negeri Mesir ini, memulai karir diplomatiknya. Dari Mesir, ia ditark ke Jakarta kemudian diposkan sebagai sekretaris pada Kedutaan Besar Indonesia di Brussel. Situasi politk dalam negeri Indonesia pada tahun 60-an membuatnya mengundurkan diri pada karir diplomatic dan kembali ke Mesir. Di mesir ia kemmbali menggeluti dunia ilmu di sebuag sekolah tinggi studi Islam, di bawah bimbingan salah seorang ulama8217 fiqih Mesir terkemuka, Abu Zahrah. Ketika belajar, di sinilah Harun mendapat tawaran untuk mengambil Studi Islam di Universitas McGill, Kanada. Untuk tingkat Magister di Universitas ini, ia menulis tentang 8220Pemikiran Negara Islam di Indonesia8221. dan untuk disertai Ph. D. ia menulis tentang 8220Posisi Akal dalam Pemikiran Teologi Muhammad Abduh 8220. Setelah meraih doctor, Harun kembali ke tanah air dan mencurahkan perhatiannya pada pengembangan pemikiran Islam lewat IAIN. Ia sempat menjadi rector IAIN Jakarta selama 2 periode (1974-1982). Kemudian ia memelopori pendirian pascasarjana unruk Studi Islam di IAIN. 2 Bukankah secara kebetulan bila Harun Nasution memilih problematika akal dalam system teologi Muhammad Abduh sebagai bahan kajian desertasinya d Universitas McGill, Montreal, Kanada. Besar kecilnya peranan akal dalam system teologi suatu aliran sangat menentukan dinamis atau tidaknmya pemahaman seseorang tentang ajaran Islam. Berkenaan dengan akal ini, Harun Nasution menulis demikian, 8220 Akal melambangkan kekuatan manusia. Karena akallah, manusia mempunyai kesanggupan untuk menaklukkan makhluk lain sekitarnya. 3 Pemakaian akal dalam sejarah Islam bukan terjadi dalam soal 8211 soal keduniaan asaja, tetapi juga dalam soal-soal keagamaan sendiri. Karena Karena ayat-ayat al-Qur8217an yang mengandung masalah keimanan, ibadah, dan hidup kemasyarakatn manusiadikenal dengan muamalah, berjumlah kurang lebih hanya 500 ayat, dan itupun pada umumnya datang dalam bentuk prinsip-prinsip dang garis-garis besar tanpa penjelasan lebih lanjut melalui perincian maupun cara pelaksanaannya, maka akal banyak dipaka dalam masalah iman, ibadah, dan muamalah. Pemaikaian akal yang dilakukan ulama8217 terhadap teks ayat al-Qur8217an dan hadis disebut jtihad, dan ijtihad 8211 tegasnya pemikiran 8211 merupakan sumber ketiga dalam Islam. Jelasnya, sumber ajaran Islam adalah al-Qur8217an, hadis, dan akal. 4 Yang dikemukakan di sini adalah dasar-dasar teologis fundamental yang akan meliputi pembahasan tentang Tuhan, alam, dan manusia, Tuhan adalah prinsip awal dari segala yang ada. Ia wajib adanya, sedangkan selain 8211 Nya yang biasa disebut alam dan makhluk adalah mungkin adanya. Alam semesta bukanlah realitas terakhir sebagaimana yang disangkakan para lmuwan alam yang sekuler. Alam semesta tak lain hanyalah tanda-tanda dari kekuasaan dan kebesaradaan Tuhan, satu-satunya ansitas yang patut disebut realitas terakhir (The Ultimate Reality) . Secara biologis manusia adalah makhluk yang paling sempurna. Ia merupakan hasil akhir dari proses penciptaan evolusi dalam semesta. Manusia adalah makhluk dua dimensional. Di satu pihak ia terbuat dari tanah yang menjadikannya makhluk fisik, di pihak lain ia juga makhluk spiritual karena ditiupkannya ruh Tuhan. Dengan demikian manusia menduduki posisi yang unik antara alam semesta dan Tuhan, yang memungkinkan berkomunikasi dengan keduanya. 5 Pembaharuan teologi, yang menjadi predikat Harun Nasution, pada dasarnya dibangn atas asumsi bahwa keterbelakangandan kemunduran umat Islam Indonesia (juga dimana saja) adalah disebabkan 8220ada yang salah8221 dalam teologi mereka. Pendangan ini serupa dengan pandangan kaum modernis lain pendahulunya (Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, Al - Afghani, Sayid Amer Ali, dan lainnya) yang memandang perlu untuk kembali kepada teologi Islam yang sejati. Dengan demikian, jika hendak mengubah nasib umat Islam, menurut Harun Nasution, umat Islam hendaklah mengubah teologi mereka menuju teologi yang berwatak free-will . rasional, serta mandiri. 6 Akal mempunyai kedudukan tinggi dalam al-Qur8217an. Dalam pemikiran Islam baik di bidang filsafat dan ilmu kalam, apalagi di bidang fiqih, akal tidak pernah membatalkan wahyu. Akan tetap tunduk kepada teks wahyu. Akal dipakai untuk memahami teks wahyu. 7 Nalar dan Wahyu Dilihat sepintas, filsafat tidak berguna di samping agama. Mengapa Karena filsafat adalah usaha akal manusia, sedangkan agama berdasarkan wahyu Tuhan. Dan seperti yang ditulis Harun Nasution, 8220 Pengetahuan yang dibawa wahyu diyakini bersifat absolute dan mutlak benar, sedangkan pengetahuan yang diperoleh akal berfikir relative, mungkin benar dan mungkin salah.8221 8 1. Riwayat H. M. Rasyidi Dalam konteks kajian akademik Islam Indonesia, orang akan sulit mengesampingkan H. M. Rasyidi, lulusan lembaga pendidikan Islam di Mesir yang melanjutkan ke Paris, dan kemudian memperoleh pengalaman mengajar di Kanada. Lepas dari retorika-retorika anti baratnya, orang tak akan luput mendapati bahwa hampi keseluruhan konstruksi akademiknya dibangun atas dasar unsure-unsur yang ia dapatkan dari Barat. Dialah yang berpengaruh dalam usaha mengirimkan para lulusan IAIN atau sarjana lainnya ke Montreal sehingga banyak orang yang benar-benar berterima kasih kepadanya. Dan apa yang telah dirintisnya itu kemudian diteruskan dalam skala yang lebih besar dan penuh harapan oleh Munawir Sjadzali. 9 2. Pemikiran Kalam H. M. Rasyidi Pemikiran kalam Rasyidi dapat ditelusuri dari kritkan-kritikan yang dialamatkan kepada Harun Nasution dan Nurcholis Madjid. Tentang Perbedaan Ilmu Kalam dan Teologi Rasyidi menolak pandangan Harun Nasution yang menyamakan pengertian ilmu kalam dan teologi. Menurunya, orang Barat memakai istilah teologi untuk menunjukkan tauhid atau kalam karena mereka tak memiliki istilah lain. Salah satu tema ilmu kalam Harun Nasution yang dikritik Rasyidi adalah deskripsi aliran-aliran kalam yang sudah tidak relevan lagi dengan kondisi umat Islam sekarang, khususnya di Indonesia. Untuk itu, Rasyidi berpendapat bahwa menonjolkan perbedaan penndapat Asya8217ariyah dan Mu8217tazilah, sebgaimana dilakukan Harun Nasution, akan melemahkan iman para mahasiswa. Bagian ini adalah kritikan Rsayidi terhadap diskripsi iman yang diberikan Nuschols Madjid, yakni 8220percaya dan menaruh kepercayaan kepada Tuhan. Dan sikap apresiatif kepada Tuhan merupakan inti pengalaman keagamaan seseorang. Sikap ini disebut takwa. Takwa diperkuat dengan kontak yang kontinu dengan Tuhan. Apresiasi ketuhanan membutuhkan kesadaran ketuhanan yang menyeluruh, sehingga menumbuhkan keadaan bersatunya hamba dengan Tuhan.8221 Perlu dijelaskan di sini bahwa bersatunya seseorang dengan Tuhan tidak merupakan aspek yang mudah dicapai, mungkin hanya seorang saja dari sejuta orang. Jadi, yang lebih penting dari aspek penyatuan itu adalah kepercayaan, ibadah, dan kemasyarakatan. 10 Hanafi dilahirkan pada tanggal 13 Februari 1935 di Kairo. Ia berasal dari keluarga musisi. Pendidikannya diawali pada tahun 1948 dengan menamatkan pendidikan tingkat dasar, dan melanjutkan studinya di Madrasah Tsanawiyah Khalil Agha, Kairo yang diselesaikannya empat tahun. 11 HasanHanafi adalah seorang intelektual sekaligus ideolog muslim berkebangsaa Mesir yang sangat produktif. Meskipun di negaranya sendiri ia kurang diterima bahkan dikecam oleh kelompok Islam 8211 yang oleh Komarudin Hidayat disebut konservatis 8211 skripturalis - ia sempat meluangkan gagasan-gagasannya dalam buku-buku yang rata-rata ditulis dengan amat serius dan memenuhi standar akademis. Semua karya Hanafi tersebut adalah serangkaian pekerjaan besarnya yang disebut dengan istilah proyek tradisi dan pembaharuan (al 8211Turatswa al - Tajdid) 12 . B. Pemikiran Kalam Hasan Hanafi 1. Kritik Terhadap Teologi Tradisional Masyarakat terbagi ke dalam 2 tipe. Pertama, masyarakat tradisional dimana tradis menjadi sumber inspirasi, menjadi pembawa system-sistem nilai dan suatu argument bagi otoritas. Masyarakat di Asia, Afrika, dan Amerika Latin adalah bagian dari tipe ini, dimana tradisi menjadi aliran utama dalam kesadaran bersejarah. Dalam masyarakat ini, perkembangan tidak bisa terjadi tanpa mempertimbangkan tradisi-tradisi kehidupan yang memberi weltanschauung pada mayarakat dan menentukan penggerak mereka untuk bertindak 13 Sebuah sekte kepercayaan bukanlah kehendak doktrin yang sederhana, tetapi ini diambil oleh sebuah sekte (firqah), sebuah kukuasaan politik baik itu di dalam opsisi atau di dalam otoritas. Ada 3 macam oposisi. underground . bekerja dari dalam (Syi8217ah), aboveground, yang bekerja dari luar (Khawarij), dan mereka yang bekerja dari luar juga dari dalam (Mu8217tazilah). 14 Dalam gagasannya tentang rekronstruksi tradisional Hanafi menegaskan perlunya mengubah orientasi perangkat konseptual system kepercayaan sesuai dengan perubahan konteks politik yang terjadi. Secara praktis, Hanafi juga menunjukkan bahwa teologi tradisional tidak dapat menjadi sebuah 8220pandangan yang benar-benar hidup8221 dan memberi motivasi tindakan dalam kehidupan konkret umat manusia. Secara praktis, teologi tradisional gagal menjadi ideology yang sungguh - sungguh fungsional bagi kehidupan nyata masyarakat muslim. 15 2. Rekontruksi Teologi Melihat sisi-sisi kelemahan teologi tradisional, Hanafi lalu mengajukan saran rekontruksi teologi. Langkah melakukan rekontruksi teologi dilatar belakangi oleh tiga hal. Pertama, kebutuhan akan adanya sebuah ideology yang jelas di tengah-tengah pertarungan global antara berbagai teologi. Kedua, pentingnya teologi baru ini bukan semata pada sisi teoritisnya, melainkan juga terletak pada kepentingan praktis untuk secara nyata mewujudkan teologi sebagai gerakan dalam sejarah. Ketiga, kepentingan teologi yang bersifat praktis yaitu secar nyata diwujudkan dalam realitas melalui realisasi tauhid dalam dunia Islam. Selanjutnya Hanafi menawarkan dua hal untuk memeperoleh kesempurnaan teori ilmu dalam teologi Islam yaitu. Pertama, analisis bahasa, bahasa serta istilah-istilah dalam teologi tradisional adalah warisan nenek oyang di bidang teologi, yang merupkan bahasa khas yang seolah-olah menjadi ketentuan sejak dulu. Kedua, analisis realitas, analisis ini dilakukan untuk mengetahui latar belakang histories-historis munculnya teologi di masa lalu, dan berguna untuk menentukan kea rah mana teologi kontemporer harus diorientasikan. 16 Teologi Klasik dan Teologi Pembebasan Secara klasik, teologi atau corak kalam Hasan Hanafi lebih dekat kepada Mu8217tazilah, dengan cirri-ciri sebagai berikut. Dalam menggunakan akal, Hanafi yakin bahwa akal mampu memecahkan berbagai persoalan kehidupan manusia. Wahyu dalam teologi Mu8217tazilah berfungsi srbagai pandang akal, karena tidak semua yang baik dan buruk dapat diketahui akal. Kehendak bebas dan takdir. Menurut Hanafi jika manusia ada menrut kehendaknya, tidak mungkin ia akan memahami determinisme. Teori perbuatan. Hanafi berpendapat bahwa manusia bertanggung jawab sepenuhnya atas perbuatan-perbuatan yang dilakukannya di dunia. Kehidupan ssudah mati. Umumnya, para ulama8217 berpendapat bahwa surga dan neraka itu abadi. Kenabian. Adanya nabi bagi Hanfi bukanlah sesuatu yang wajib. 17 1. Riwayat Singkat Ismail Faruqi Ismail Raj8217I al 8211 Faruqi adalah cendekiawan yang produktif memformulasikan Islam bagi kemajuan di masa modern. Ia lahir pada tanggal 1 Januari 1921 di Jaffa, Palestina, Pendidikan awalnya di tempuh di College de Freres sejak tahun 1926-1936. Gelar sarjana muda dalam bidang filsafat diraihnya di American University di Birut 1941. al - Faruqi kemudian menjadi pegawai pemerintahan Pelestina yang berada di bawah mandate Inggris selama 4 tahun, dan kemudian menjadi gubernur Galilee yang terakhir. Dengan jatuhnya provins ini ke tangan Israel tahun 1947, al - Faruqi memutuskan berghijrah ke Amerika pada tahun 1948. Tahun 1949, al-Faruqi memulai karir akademisnya di AS dengan meraih gelar M. A. dalam bidang filsafat dari Indiana University dengan tesisnya berjudul 8220 Tenyang Pembenaran Tuhan. Metafisika dan Epistemologi.8221 Dari universitas yang sama, ia memperoleh gelar doctor pada tahun 1952. Al-Faruqi mulai mengajar di McGillUniversity, Kanada, tahun 1959, dan secara intensif ia mempelajari Yudaisme dan Kristen. Tahun 1961 sampai 1963, al-Faruqi pindah ke Karachi, Pakistan, untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan Central Institute for Research dan jurnalisme Islamic Studies. Saat kembali ke AS, al-Faruqi mengajar di School of Divinity, Universitas of Chichago, dan selanjutnya memulai program Islam di Syrakus University, New York. Tahun 1968 ia pindah ke Temple University, Philadelphia, sebagai guru besar agama dan mendirikan pusat kajian Islam. Ia menetap di universitas ini sampai akhir hayatnya. Hidup Ismail Faruqi berakhir tragis setelah ia dan isterinya, Lamya Faruqi, secara brutal dibunuh pembunuh gelap di rumahnya di Philadelphia apada tanggal 27 Mei 1986. Beberapa pengamat menduga bahwa pembunuhan itu dilakuakan oleh Zionis Yahudi karena proyek Faruqi yang dikerjakan intens untuk kemajuan Islam. 2. Pemikiran Kalam Al-Faruqi Tauhid sebagai inti pengalaman agama Tauhid sebagai pandangan dunia Tauhid sebagai intisari Islam Tauhid sebagai prinsip sejarah Tauhid sebagai prinsip pengetahuan Tauhid sebagai prinsip metafisika Tauhid sebagai prinsip etika Tauhid sebagai prinsip tata social Tauhid sebagai prinsip ummah Tauhid sebagai prinsip keluarga Tauhid sebagai prinsip tata politik Tauhid sebagai prinsip tata ekonomi Tauhid sebagai prinsip estetika 18 Sekarang telah lebih dari searus lima puluh tahun semnjak usaha 8211 usaha pembaharuan dimulai pada pembukaan abad ke 8211 19. Hasil Hasil pemikiran para pemimpim pembaharuan yang pada mulanya mencapai tantangan telah banyak diamalkan terutamanya pada abad ke-20 ini. Proses pembaharuan yang terjadi di kalangan umat Ialam akan terus berjalan sepanjang zaman. Islam tidak menghalangi pembahruan yang tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang dibawa wahyu. 19 Rozak, Abdul, M. Ag. Anwar Rosihon, M. Ag, Ilmu Kalam . CV. Pustaka Setia, Bandung. 2010 Nasution, Harun, DR. Pembaharuan dalam Islam, Sejarah dan Gerakan . PT. Bulan Bintang. 1992 Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam . PT. Bulan Bintang. 2003 Nasution Harun, DR. Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran . Mizan. 1996 Saefudin, Didin, Pemikiran Modern Pot Modern Islam Biografi 17 Tokoh . PT. Grasindo Jakarta, 2003 Kertanegara, Mulyadi, Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, Ciputat Pers. 2002 Hasan Hanafi, Profesor filsafat di Cairo University, Bongkar Tafsir, Liberalisasi, Revolusi, Hermeneutik . Prisma Sophie. 2005 1 Harun Nasution, 8220Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan8221, 3-6 2 Harun Nasution, 8220Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran8221, 5-6 3 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 241 4 Harun Nasution, 8220 Islam Rasional. Gagasan dan Pemikiran8221, 56 5 Mulyadi Kertanegara, 8220Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, 97 - 104 6 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 242 8 Franz Magnis Suseno, 8220Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, 126 9 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 238Dalam bahasa Indonesia telah selalu dipakai kata modern, modernisasi, dan modernisme, seperti yang terdapat umpamanya dalam 8220Aliran-aliran dalam Islam8221 dan 8220Islam dan Modernisasi8221. Kemajuan lmu pengetahuan dan teknologi modern memasuki dumnia Islam terutama sesudah pembukaan abad ke -19 M yang dalam sejarah Islam dipandang sebagai permulaan periode Modern. Maju Mundurnya Umat Islam dalam Sejarah Sebagaimana telah disebut pembaharuan dalam Islam timbul dalam periode sejarah Islam yang disebut modern dan mempunjyai tujuan untuk membuat umat Islam kepada kemajuan. Dalam faris besarnya sejarah Islam dapat dibagi ke dalam tiga periode besar Klasik, Pertengahan, dan Modern. Periode klasik (650 - 1250 M) merupakan zaman kemajuan dan dibagi menjadi 2 fase. Pertama, fase ekspansi, integrasi, dan puncak kemajuan (650 - 1250 M). Di zaman inilah daerah Islam meluas melalui Afrika Utara sampai ke Spanyol di barat dan melalui Persia sampai ke India Timur. Di masa ini pula berkembang dan memuncak ilmu pengetahua, baik dalam bidang agama maupun bidang non agama, dan kebudayaan Islam. Zaman inilah yang menghasilkan ulama8217-ulama8217 besar seperti Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Syafi8217I, dan Imam Ibnu Hambal, dalam bidang hokum, Imam Al-Asy8217ari, Imam Al-Maturidi, pemu. ka-pemuka Mu8217tazilah seperti, Wasil bin 8216Ata, Abu al-Huzaib, Abu an-Nazam, dan al - Juba8217I dalam bidang teologi, Zunnun al-Misri, Abu Yazid al-Bustami, dan al-Hallaj, dalam mitisisme atau tasawuf, al-Kindi, al-Farabi, Ibnu Sina, dan Ibnu Maskawaih dalam filsafat, dan Ibn al-Haisam, Ibn Hayyan, Al-Khawarizmi, Al-Ma8217udi, dab Ar 8211 Razi dalam bidang ilmu pengetahuan. Kedua, fase disintregasi (1000-1250 M), di masa ini keutuhan umat Islam dalam bidang politik mulai pecah, kekuasaan khalifah menurun dan akhirnya Baghdad dapat dirampas dan dihancurkan oleh Hulagu di tahun 1258 M. Khalifah sebagai lambang kesatuan politik umat Islam hilang. Periode pertengahan (1250-1800 M) juga dibagi dalam 2 fase. Pertama, fase kemunduran (1250-1500 M). Di zaman ini didentralisasi dan disintegrasi bertambah meningkat. Perbedaan di antara Sunni dan Syi8217ah dan demikian juga antara Arab dan Persia bertambah nyata kelihatan. Dunia Islam terbagi dua, bagian Arab yang terdiri atas Arabia, Irak, Suriah, Palestina, Mesir, dan Afrika Utara dan bagian Persia yang terdiri atas Balkan, Asia Kecil, Persia, dan Asi Tengah dengan Iran sebagai pusat. Kedua, fase 3 kerajaan besar (15000-1800 M) yang dimulai dengan zaman kemajuan (1500-1700 M) dan zaman kemunduran (1700-1800 M). Tiga kerajaan besar yang dimaksud ialah Kekuasaan Ustmani (Ottoman Empire) di Turki, Kerajan Safawi di Persia, dan Kerajaan Mughal di India. Di zaman kemunduran, kerajaan Ustmani terpukul di Eropa, Kerajaan Safawi dihancurkan oleh serangan suku bangsa Afghan, Kerajaan Mughal diperkecil oleh pikiran-pikiran raja-raja India. Kekuatan militer dan kekuatan politik umat Islam menurun. Akhirnya Napoleion di tahun 1798 M menduduki Mesir sebagai salah satu pusat Islam yang terpenting. Periode Modern (1800 M - sekarang), merupakan zaman kebangkitan umat Islam. Jatuhnya Mesir ke tangan barat menginsafkan dunia Islam akan kelemahannya dan menyadarkan umat Islam bahwa di barat telah timbul peradaban baru yang lebih tinggi dan merupakan ancaman bagi Islam. Raja - raja dan pemuka - pemuka Islam mulai memikirkan bagaimana meningkatkan mutu dan kekuatan umat Islam kembali. Di periode modern ini lalu timbulnya ide - ide pembaharuan dalam Islam. 1 ILMU KALAM MASA KINI HARUN NASUTION, RASYIDI, HASAN HANAFI, dan ISMAIL FARUQI 1. Riwayat Hidup Harun Nasution Harun Nasution lahir di Pematang Siantar, Sumatra Utara, 23 September 1919. Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat dasar Hollandsch 8211 In 8211 Landsche School (HIS), ia melanjutkan studi Islam ke tingkat menengah yangbersemangat modernis, Moderne Islamietische Kweekschool (MIK). Karena desakan orang tua ia meninggalkan MIK dan pergi belajar ke Saudi Arabia. Di negeri gurun pasir ini tidak tahan lama dan memilih orang tuanya agar bisa pindah studi ke Mesir. Di negeri Sungai Nil ini Harun mula-mula mendlama Islam di Fakultas Ushuludin, Universitas Al 8211Azhar, namun ia merasa tidak puas dan kemudian pindah ke Universitar Amerika (Kairo). Di universitas ini, Harun tidak mendalami Islam, tetapi ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu social. Selama beberapa tahun sempat bekerja di perusahaan Saraski dan kemudian di Konsulat Indonesia karena setamat dari Universitas tersebut dengan ijazah B. A. di kantongnya. Dari Konsulat itulah, putra Batak yang mempersuntng seorang Putri dari Negeri Mesir ini, memulai karir diplomatiknya. Dari Mesir, ia ditark ke Jakarta kemudian diposkan sebagai sekretaris pada Kedutaan Besar Indonesia di Brussel. Situasi politk dalam negeri Indonesia pada tahun 60-an membuatnya mengundurkan diri pada karir diplomatic dan kembali ke Mesir. Di mesir ia kemmbali menggeluti dunia ilmu di sebuag sekolah tinggi studi Islam, di bawah bimbingan salah seorang ulama8217 fiqih Mesir terkemuka, Abu Zahrah. Ketika belajar, di sinilah Harun mendapat tawaran untuk mengambil Studi Islam di Universitas McGill, Kanada. Untuk tingkat Magister di Universitas ini, ia menulis tentang 8220Pemikiran Negara Islam di Indonesia8221. dan untuk disertai Ph. D. ia menulis tentang 8220Posisi Akal dalam Pemikiran Teologi Muhammad Abduh 8220. Setelah meraih doctor, Harun kembali ke tanah air dan mencurahkan perhatiannya pada pengembangan pemikiran Islam lewat IAIN. Ia sempat menjadi rector IAIN Jakarta selama 2 periode (1974-1982). Kemudian ia memelopori pendirian pascasarjana unruk Studi Islam di IAIN. 2 Bukankah secara kebetulan bila Harun Nasution memilih problematika akal dalam system teologi Muhammad Abduh sebagai bahan kajian desertasinya d Universitas McGill, Montreal, Kanada. Besar kecilnya peranan akal dalam system teologi suatu aliran sangat menentukan dinamis atau tidaknmya pemahaman seseorang tentang ajaran Islam. Berkenaan dengan akal ini, Harun Nasution menulis demikian, 8220 Akal melambangkan kekuatan manusia. Karena akallah, manusia mempunyai kesanggupan untuk menaklukkan makhluk lain sekitarnya. 3 Pemakaian akal dalam sejarah Islam bukan terjadi dalam soal 8211 soal keduniaan asaja, tetapi juga dalam soal-soal keagamaan sendiri. Karena Karena ayat-ayat al-Qur8217an yang mengandung masalah keimanan, ibadah, dan hidup kemasyarakatn manusiadikenal dengan muamalah, berjumlah kurang lebih hanya 500 ayat, dan itupun pada umumnya datang dalam bentuk prinsip-prinsip dang garis-garis besar tanpa penjelasan lebih lanjut melalui perincian maupun cara pelaksanaannya, maka akal banyak dipaka dalam masalah iman, ibadah, dan muamalah. Pemaikaian akal yang dilakukan ulama8217 terhadap teks ayat al-Qur8217an dan hadis disebut jtihad, dan ijtihad 8211 tegasnya pemikiran 8211 merupakan sumber ketiga dalam Islam. Jelasnya, sumber ajaran Islam adalah al-Qur8217an, hadis, dan akal. 4 Yang dikemukakan di sini adalah dasar-dasar teologis fundamental yang akan meliputi pembahasan tentang Tuhan, alam, dan manusia, Tuhan adalah prinsip awal dari segala yang ada. Ia wajib adanya, sedangkan selain 8211 Nya yang biasa disebut alam dan makhluk adalah mungkin adanya. Alam semesta bukanlah realitas terakhir sebagaimana yang disangkakan para lmuwan alam yang sekuler. Alam semesta tak lain hanyalah tanda-tanda dari kekuasaan dan kebesaradaan Tuhan, satu-satunya ansitas yang patut disebut realitas terakhir (The Ultimate Reality) . Secara biologis manusia adalah makhluk yang paling sempurna. Ia merupakan hasil akhir dari proses penciptaan evolusi dalam semesta. Manusia adalah makhluk dua dimensional. Di satu pihak ia terbuat dari tanah yang menjadikannya makhluk fisik, di pihak lain ia juga makhluk spiritual karena ditiupkannya ruh Tuhan. Dengan demikian manusia menduduki posisi yang unik antara alam semesta dan Tuhan, yang memungkinkan berkomunikasi dengan keduanya. 5 Pembaharuan teologi, yang menjadi predikat Harun Nasution, pada dasarnya dibangn atas asumsi bahwa keterbelakangandan kemunduran umat Islam Indonesia (juga dimana saja) adalah disebabkan 8220ada yang salah8221 dalam teologi mereka. Pendangan ini serupa dengan pandangan kaum modernis lain pendahulunya (Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, Al - Afghani, Sayid Amer Ali, dan lainnya) yang memandang perlu untuk kembali kepada teologi Islam yang sejati. Dengan demikian, jika hendak mengubah nasib umat Islam, menurut Harun Nasution, umat Islam hendaklah mengubah teologi mereka menuju teologi yang berwatak free-will . rasional, serta mandiri. 6 Akal mempunyai kedudukan tinggi dalam al-Qur8217an. Dalam pemikiran Islam baik di bidang filsafat dan ilmu kalam, apalagi di bidang fiqih, akal tidak pernah membatalkan wahyu. Akan tetap tunduk kepada teks wahyu. Akal dipakai untuk memahami teks wahyu. 7 Nalar dan Wahyu Dilihat sepintas, filsafat tidak berguna di samping agama. Mengapa Karena filsafat adalah usaha akal manusia, sedangkan agama berdasarkan wahyu Tuhan. Dan seperti yang ditulis Harun Nasution, 8220 Pengetahuan yang dibawa wahyu diyakini bersifat absolute dan mutlak benar, sedangkan pengetahuan yang diperoleh akal berfikir relative, mungkin benar dan mungkin salah.8221 8 1. Riwayat H. M. Rasyidi Dalam konteks kajian akademik Islam Indonesia, orang akan sulit mengesampingkan H. M. Rasyidi, lulusan lembaga pendidikan Islam di Mesir yang melanjutkan ke Paris, dan kemudian memperoleh pengalaman mengajar di Kanada. Lepas dari retorika-retorika anti baratnya, orang tak akan luput mendapati bahwa hampi keseluruhan konstruksi akademiknya dibangun atas dasar unsure-unsur yang ia dapatkan dari Barat. Dialah yang berpengaruh dalam usaha mengirimkan para lulusan IAIN atau sarjana lainnya ke Montreal sehingga banyak orang yang benar-benar berterima kasih kepadanya. Dan apa yang telah dirintisnya itu kemudian diteruskan dalam skala yang lebih besar dan penuh harapan oleh Munawir Sjadzali. 9 2. Pemikiran Kalam H. M. Rasyidi Pemikiran kalam Rasyidi dapat ditelusuri dari kritkan-kritikan yang dialamatkan kepada Harun Nasution dan Nurcholis Madjid. Tentang Perbedaan Ilmu Kalam dan Teologi Rasyidi menolak pandangan Harun Nasution yang menyamakan pengertian ilmu kalam dan teologi. Menurunya, orang Barat memakai istilah teologi untuk menunjukkan tauhid atau kalam karena mereka tak memiliki istilah lain. Salah satu tema ilmu kalam Harun Nasution yang dikritik Rasyidi adalah deskripsi aliran-aliran kalam yang sudah tidak relevan lagi dengan kondisi umat Islam sekarang, khususnya di Indonesia. Untuk itu, Rasyidi berpendapat bahwa menonjolkan perbedaan penndapat Asya8217ariyah dan Mu8217tazilah, sebgaimana dilakukan Harun Nasution, akan melemahkan iman para mahasiswa. Bagian ini adalah kritikan Rsayidi terhadap diskripsi iman yang diberikan Nuschols Madjid, yakni 8220percaya dan menaruh kepercayaan kepada Tuhan. Dan sikap apresiatif kepada Tuhan merupakan inti pengalaman keagamaan seseorang. Sikap ini disebut takwa. Takwa diperkuat dengan kontak yang kontinu dengan Tuhan. Apresiasi ketuhanan membutuhkan kesadaran ketuhanan yang menyeluruh, sehingga menumbuhkan keadaan bersatunya hamba dengan Tuhan.8221 Perlu dijelaskan di sini bahwa bersatunya seseorang dengan Tuhan tidak merupakan aspek yang mudah dicapai, mungkin hanya seorang saja dari sejuta orang. Jadi, yang lebih penting dari aspek penyatuan itu adalah kepercayaan, ibadah, dan kemasyarakatan. 10 Hanafi dilahirkan pada tanggal 13 Februari 1935 di Kairo. Ia berasal dari keluarga musisi. Pendidikannya diawali pada tahun 1948 dengan menamatkan pendidikan tingkat dasar, dan melanjutkan studinya di Madrasah Tsanawiyah Khalil Agha, Kairo yang diselesaikannya empat tahun. 11 HasanHanafi adalah seorang intelektual sekaligus ideolog muslim berkebangsaa Mesir yang sangat produktif. Meskipun di negaranya sendiri ia kurang diterima bahkan dikecam oleh kelompok Islam 8211 yang oleh Komarudin Hidayat disebut konservatis 8211 skripturalis - ia sempat meluangkan gagasan-gagasannya dalam buku-buku yang rata-rata ditulis dengan amat serius dan memenuhi standar akademis. Semua karya Hanafi tersebut adalah serangkaian pekerjaan besarnya yang disebut dengan istilah proyek tradisi dan pembaharuan (al 8211Turatswa al - Tajdid) 12 . B. Pemikiran Kalam Hasan Hanafi 1. Kritik Terhadap Teologi Tradisional Masyarakat terbagi ke dalam 2 tipe. Pertama, masyarakat tradisional dimana tradis menjadi sumber inspirasi, menjadi pembawa system-sistem nilai dan suatu argument bagi otoritas. Masyarakat di Asia, Afrika, dan Amerika Latin adalah bagian dari tipe ini, dimana tradisi menjadi aliran utama dalam kesadaran bersejarah. Dalam masyarakat ini, perkembangan tidak bisa terjadi tanpa mempertimbangkan tradisi-tradisi kehidupan yang memberi weltanschauung pada mayarakat dan menentukan penggerak mereka untuk bertindak 13 Sebuah sekte kepercayaan bukanlah kehendak doktrin yang sederhana, tetapi ini diambil oleh sebuah sekte (firqah), sebuah kukuasaan politik baik itu di dalam opsisi atau di dalam otoritas. Ada 3 macam oposisi. underground . bekerja dari dalam (Syi8217ah), aboveground, yang bekerja dari luar (Khawarij), dan mereka yang bekerja dari luar juga dari dalam (Mu8217tazilah). 14 Dalam gagasannya tentang rekronstruksi tradisional Hanafi menegaskan perlunya mengubah orientasi perangkat konseptual system kepercayaan sesuai dengan perubahan konteks politik yang terjadi. Secara praktis, Hanafi juga menunjukkan bahwa teologi tradisional tidak dapat menjadi sebuah 8220pandangan yang benar-benar hidup8221 dan memberi motivasi tindakan dalam kehidupan konkret umat manusia. Secara praktis, teologi tradisional gagal menjadi ideology yang sungguh - sungguh fungsional bagi kehidupan nyata masyarakat muslim. 15 2. Rekontruksi Teologi Melihat sisi-sisi kelemahan teologi tradisional, Hanafi lalu mengajukan saran rekontruksi teologi. Langkah melakukan rekontruksi teologi dilatar belakangi oleh tiga hal. Pertama, kebutuhan akan adanya sebuah ideology yang jelas di tengah-tengah pertarungan global antara berbagai teologi. Kedua, pentingnya teologi baru ini bukan semata pada sisi teoritisnya, melainkan juga terletak pada kepentingan praktis untuk secara nyata mewujudkan teologi sebagai gerakan dalam sejarah. Ketiga, kepentingan teologi yang bersifat praktis yaitu secar nyata diwujudkan dalam realitas melalui realisasi tauhid dalam dunia Islam. Selanjutnya Hanafi menawarkan dua hal untuk memeperoleh kesempurnaan teori ilmu dalam teologi Islam yaitu. Pertama, analisis bahasa, bahasa serta istilah-istilah dalam teologi tradisional adalah warisan nenek oyang di bidang teologi, yang merupkan bahasa khas yang seolah-olah menjadi ketentuan sejak dulu. Kedua, analisis realitas, analisis ini dilakukan untuk mengetahui latar belakang histories-historis munculnya teologi di masa lalu, dan berguna untuk menentukan kea rah mana teologi kontemporer harus diorientasikan. 16 Teologi Klasik dan Teologi Pembebasan Secara klasik, teologi atau corak kalam Hasan Hanafi lebih dekat kepada Mu8217tazilah, dengan cirri-ciri sebagai berikut. Dalam menggunakan akal, Hanafi yakin bahwa akal mampu memecahkan berbagai persoalan kehidupan manusia. Wahyu dalam teologi Mu8217tazilah berfungsi srbagai pandang akal, karena tidak semua yang baik dan buruk dapat diketahui akal. Kehendak bebas dan takdir. Menurut Hanafi jika manusia ada menrut kehendaknya, tidak mungkin ia akan memahami determinisme. Teori perbuatan. Hanafi berpendapat bahwa manusia bertanggung jawab sepenuhnya atas perbuatan-perbuatan yang dilakukannya di dunia. Kehidupan ssudah mati. Umumnya, para ulama8217 berpendapat bahwa surga dan neraka itu abadi. Kenabian. Adanya nabi bagi Hanfi bukanlah sesuatu yang wajib. 17 1. Riwayat Singkat Ismail Faruqi Ismail Raj8217I al 8211 Faruqi adalah cendekiawan yang produktif memformulasikan Islam bagi kemajuan di masa modern. Ia lahir pada tanggal 1 Januari 1921 di Jaffa, Palestina, Pendidikan awalnya di tempuh di College de Freres sejak tahun 1926-1936. Gelar sarjana muda dalam bidang filsafat diraihnya di American University di Birut 1941. al - Faruqi kemudian menjadi pegawai pemerintahan Pelestina yang berada di bawah mandate Inggris selama 4 tahun, dan kemudian menjadi gubernur Galilee yang terakhir. Dengan jatuhnya provins ini ke tangan Israel tahun 1947, al - Faruqi memutuskan berghijrah ke Amerika pada tahun 1948. Tahun 1949, al-Faruqi memulai karir akademisnya di AS dengan meraih gelar M. A. dalam bidang filsafat dari Indiana University dengan tesisnya berjudul 8220 Tenyang Pembenaran Tuhan. Metafisika dan Epistemologi.8221 Dari universitas yang sama, ia memperoleh gelar doctor pada tahun 1952. Al-Faruqi mulai mengajar di McGillUniversity, Kanada, tahun 1959, dan secara intensif ia mempelajari Yudaisme dan Kristen. Tahun 1961 sampai 1963, al-Faruqi pindah ke Karachi, Pakistan, untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan Central Institute for Research dan jurnalisme Islamic Studies. Saat kembali ke AS, al-Faruqi mengajar di School of Divinity, Universitas of Chichago, dan selanjutnya memulai program Islam di Syrakus University, New York. Tahun 1968 ia pindah ke Temple University, Philadelphia, sebagai guru besar agama dan mendirikan pusat kajian Islam. Ia menetap di universitas ini sampai akhir hayatnya. Hidup Ismail Faruqi berakhir tragis setelah ia dan isterinya, Lamya Faruqi, secara brutal dibunuh pembunuh gelap di rumahnya di Philadelphia apada tanggal 27 Mei 1986. Beberapa pengamat menduga bahwa pembunuhan itu dilakuakan oleh Zionis Yahudi karena proyek Faruqi yang dikerjakan intens untuk kemajuan Islam. 2. Pemikiran Kalam Al-Faruqi Tauhid sebagai inti pengalaman agama Tauhid sebagai pandangan dunia Tauhid sebagai intisari Islam Tauhid sebagai prinsip sejarah Tauhid sebagai prinsip pengetahuan Tauhid sebagai prinsip metafisika Tauhid sebagai prinsip etika Tauhid sebagai prinsip tata social Tauhid sebagai prinsip ummah Tauhid sebagai prinsip keluarga Tauhid sebagai prinsip tata politik Tauhid sebagai prinsip tata ekonomi Tauhid sebagai prinsip estetika 18 Sekarang telah lebih dari searus lima puluh tahun semnjak usaha 8211 usaha pembaharuan dimulai pada pembukaan abad ke 8211 19. Hasil Hasil pemikiran para pemimpim pembaharuan yang pada mulanya mencapai tantangan telah banyak diamalkan terutamanya pada abad ke-20 ini. Proses pembaharuan yang terjadi di kalangan umat Ialam akan terus berjalan sepanjang zaman. Islam tidak menghalangi pembahruan yang tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang dibawa wahyu. 19 Rozak, Abdul, M. Ag. Anwar Rosihon, M. Ag, Ilmu Kalam . CV. Pustaka Setia, Bandung. 2010 Nasution, Harun, DR. Pembaharuan dalam Islam, Sejarah dan Gerakan . PT. Bulan Bintang. 1992 Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam . PT. Bulan Bintang. 2003 Nasution Harun, DR. Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran . Mizan. 1996 Saefudin, Didin, Pemikiran Modern Pot Modern Islam Biografi 17 Tokoh . PT. Grasindo Jakarta, 2003 Kertanegara, Mulyadi, Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, Ciputat Pers. 2002 Hasan Hanafi, Profesor filsafat di Cairo University, Bongkar Tafsir, Liberalisasi, Revolusi, Hermeneutik . Prisma Sophie. 2005 1 Harun Nasution, 8220Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan8221, 3-6 2 Harun Nasution, 8220Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran8221, 5-6 3 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 241 4 Harun Nasution, 8220 Islam Rasional. Gagasan dan Pemikiran8221, 56 5 Mulyadi Kertanegara, 8220Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, 97 - 104 6 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 242 8 Franz Magnis Suseno, 8220Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution, 126 9 Abdul Razak, Rosihun Anwar, 8220Ilmu Kalam8221, 238

No comments:

Post a Comment